Salah satu syarat untuk lolos dalam Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil adalah memenuhi nilai ambang batas pada tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Peserta yang lolos ujian SKD akan melaju ke tahap seleksi berikutnya.
Lantas, apa itu SKD? lalu bagaimana jenis soal dan berapa nilai ambang batasnya? Simak pembahasannya pada artikel ini!
Jika ingin mengakses soal-soal SKD CPNS dan materi berupa ebook, silahkan klik melalui link berikut:
Pengertian SKD
Berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 321 Tahun 2024, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Pengadaan Pegawai Negeri Sipil Tahun 2024 meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dengan durasi pelaksanaan 100 (seratus) menit, berikut Kisi-kisi dan Nilai Ambang Batas SKD:
TWK bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan, terdiri dari 30 (tiga puluh) soal, bobot jawaban benar bernilai 5 (lima) dan salah/tidak menjawab bernilai 0 (nol). Adapun kisi-kisinya sebagai berikut:

-
Nasionalisme
Tujuan nasionalisme mampu mewujudkan kepentingan nasional melalui cita-cita dan tujuan yang sama dengan tetap mempertahankan identitas nasional;
Contoh Soal Nasionalisme:
Rasa kebangsaan adalah kesadaran berbangsa yaitu rasa persatuan dan kesatuan yang lahir secara alamiah karena adanya kebersamaan sosial yang tumbuh dari kebudayaan sejarah, dan aspirasi perjuangan amsa lampai, serta kebersamaan dalam menghadapi tantangan sejarah masa kini.
Rasionalisasi dari rasa dan wawasan kebangsaan akan melahirkan suatu ...
A. Integritas Nasional B. Idealisme Berbangsa C. Patriotisme D. Nasionalisme E. Ideologi Kesatuan -
Integritas
Tujuan integritas mampu menjunjung tinggi kejujuran, ketangguhan, komitmen dan konsistensi sebagai satu kesatuan sikap untuk mencapai tujuan nasional;
Contoh Soal Integritas:
Perilaku seorang ketua rukun tetangga yang tidak membedakan pelayanan terhadap warganya di perumahan yang terdiri dari banyak suku dan agama menunjukkan adanya hubungan integritas dengan prinsip Bhinneka Tunggal Ika. Keterkaitan antara integritas dan nilai Bhinneka Tunggal Ika adalah ...
A. pelayanan yang sama walaupun berbeda agama dan suku B. kesetaraan antara warga Negara dari ketua RT C. pemberdaan pelayanan berdasarkan kontribasi D. kesediaan melayani E. bentuk tanggung jawab ketua RT -
Bela negara
Tujuan bela negara mampu berperan aktif dalam mempertahankan eksistensi bangsa dan negara;
Contoh Soal Bela Negara:
Seorang warga negara bekerja di luar negeri dan menerima gaji yang jauh lebih tinggi daripada jika dia bekerja di dalam negeri. Dia memutuskan untuk tidak membayar pajak penghasilan di negara asalnya karena merasa kontribusinya sudah cukup dengan mengirimkan sebagian pendapatannya ke keluarganya di Indonesia.
Apa yang sebaiknya dilakukan oleh warga tersebut ?
A. Tidak melakukan apa pun karena sudah memberikan bantuan ke keluarganya B. Membayar pajak penghasilan sesuai dengan peraturan negara asalnya C. Mengirimkan sebagian pendapatannya ke yayasan atau lembaga amal di Indonesia D. Tidak membayar pajak penghasilan karena pendapatannya diperoleh di luar negeri E. Memberikan sumbangan sukarela kepada pemerintah di negara asalnya -
Pilar negara
Tujuan pilar negara mampu membentuk karakter positif melalui pemahaman dan pengamalan nilai-nilai dalam Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika;
Contoh Soal - Pancasila:
Siti bekerja sebagai manajer di sebuah perusahaan. Ia selalu memastikan bahwa setiap karyawan diperlakukan dengan adil dan dihargai sesuai dengan prestasi mereka, tanpa memandang latar belakang agama, suku, atau status sosial. Ketika ada karyawan yang membutuhkan bantuan, Siti selalu memberikan dukungan tanpa diskriminasi. Semua karyawan merasa dihargai dan diakui sebagai individu.
Bagaimana sikap Siti dalam memimpin perusahaannya mencerminkan butir Pancasila mengenai pengakuan harkat dan martabat manusia?
A. Memperlakukan setiap karyawan berdasarkan prestasi kerja mereka tanpa memandang latar belakang. B. Menyediakan kesempatan yang sama untuk semua karyawan dalam setiap promosi jabatan. C. Menghargai setiap karyawan dengan memberi penghargaan atas kerja keras mereka. D. Membantu karyawan yang membutuhkan bantuan tanpa melihat latar belakangnya. E. Menerima setiap karyawan apa adanya tanpa memandang perbedaan.
Contoh Soal - UUD 1945:
Untuk menjalankan kehidupan bermasyarakat, Indonesia berpedoman pada hukum karena hukum merupakan aturan yang tertulis maupun tidak tertulis yang dapat mengatur masyarakat dan dikenai sanksi jika melanggarnya. Untuk menerapkan suatu sistem hukum diperlukan sumber hukum yang merupakan asal terjadinya hukum. Jadi sebelum adanya hukum, perlu adanya sumber hukum terlebih dahulu. Sumber hukum dapat dibedakan menjadi dua yakni sumber hukum formil dan materil. Manakah di bawah ini yang bukan merupakan sumber hukum formil?
A. Sosial budaya B. Yuridipensi C. Doktrin D. Traktat E. Undang – Undang
Contoh Soal - NKRI:
Berikut ini yang merupakan salah satu makna dari Pembukaan UUD 1945 alinea kedua adalah ...
A. Dasar negara adalah Pancasila B. Bentuk Negara Indonesia adalah republik C. Kemerdekaan Bangsa Indonesia telah disusun dalam UUD D. Sistem pemerintahan negara, yaitu berdasarkan kedaulatan rakyat (demokrasi) E. Adanya momentum yang harus dimanfaatkan untuk menyatakan kemerdekaan
Contoh Soal - Bhineka Tunggal Ika:
Anda bekerja di sebuah perusahaan yang memiliki karyawan dari berbagai latar belakang budaya dan agama. Salah satu rekan kerja Anda memiliki tradisi atau praktik agama yang berbeda dan sering mengadakan ritual keagamaan di tempat kerja yang mengganggu kenyamanan Anda.
Bagaimana Anda menangani situasi ini ?
A. Berbicara dengan rekan kerja Anda secara pribadi dan mencoba mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan B. Mengabaikan dan menahan ketidaknyamanan Anda C. Mengeluhkan situasi ini kepada atasan Anda dan meminta mereka untuk menghentikan praktik keagamaan di tempat kerja D. Meninggalkan tempat kerja dan mencari pekerjaan di tempat lain E. Mencela dan mengkritik rekan kerja Anda di depan semua orang -
Bahasa negara
Tujuan bahasa negara mampu menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan yang sangat penting kedudukannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
Contoh Soal Bahasa Negara:
Penulisan kata depan yang salah terdapat pada ...
A. Ia berasal dari Pulau Dewata. B. Cincin itu terbuat dari emas. C. Dompet itu disimpan di dalam lemari. D. Dimana saya sekarang? E. Dia ikut terjun ke tengah kancah perjuangan.
TIU bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan, terdiri dari 35 (tiga puluh lima) soal, bobot jawaban benar bernilai 5 (lima) dan salah/tidak menjawab bernilai 0 (nol). Adapun kisi-kisinya sebagai berikut:

1. Kemampuan Verbal, yang meliputi:
-
Analogi
Tujuan kemampuan verbal analogi mengukur kemampuan individu dalam bernalar melalui perbandingan dua konsep kata yang memiliki hubungan tertentu kemudian menggunakan konsep hubungan tersebut pada Situasi yang lain;
Contoh Soal Analogi:
HARGA : ... = PANJANG : ...
A. Berat : Lebar B. Biaya : Waktu C. Biaya : Tinggi D. Nilai : Lebar E. Berat : Jarak -
Silogisme
Tujuan kemampuan verbal silogisme mengukur kemampuan individu untuk menarik kesimpulan dari dua pernyataan yang diberikan;
Contoh Soal Silogisme:
Hanya penulis terkenal yang bisa menulis novel bestseller. Andi tidak terkenal. Pernyataan yang sesuai dengan pernyataan ini adalah ...
A. Andi bisa menulis novel bestseller. B. Andi bisa menulis novel bestseller. C. Jika Andi tidak terkenal, maka Andi tidak bisa menulis novel bestseller. D. Semua novel bestseller ditulis oleh penulis terkenal. E. Andi adalah penulis yang tidak terkenal. -
Analitis
Tujuan kemampuan verbal analitis mengukur kemampuan individu untuk menganalisis informasi yang diberikan dan menarik kesimpulan;
Contoh Soal Analitis:
Kelompok paduan suara yang terdiri dari enam orang sedang latihan dengan posisi melingkar. Jika Ayu dan Dimas duduk berdampingan, tetapi ia tidak mau berdekatan dengan Cinta. Adapun Archy dan Ikhsan duduk berdampingan, dan di samping Ikhsan ada Cinta. Viola berada di antara Archy dan Ayu.
Siapakah yang berdampingan dengan Cinta ?
A. Archy dan Viola B. Ikhsan dan Archy C. Ikhsan dan Dimas D. Dimas dan Ayu E. Viola dan Ayu
2. Kemampuan Numerik, yang meliputi:
-
Berhitung
Tujuan kemampuan numerik berhitung mengukur kemampuan hitung sederhana;
Contoh Soal Berhitung:
`3 × 1,5 + (2/4):2 = ...`
A. 2,5
B. 4,5
C. 4,75
D. 5, 25
E. 5,75
-
Deret Angka
Tujuan kemampuan numerik deret angka mengukur kemampuan individu dalam melihat pola hubungan angka;
Contoh Soal Deret Angka:
7, 4, 21, 8, 63, 12, 189, 16, ..., ....
A. 537, 24 B. 537, 24 C. 547, 24 D. 567, 20 E. 567, 24 -
Perbandingan Kuantitatif
Tujuan kemampuan numerik perbandingan kuantitatif mengukur kemampuan individu untuk menarik kesimpulan berdasarkan dua data kuantitatif;
Contoh Soal Deret Angka:
Manakah simpulan yang tepat dari kedua kolom berikut?
A
B
Nilai x yang memenuhi persamaan
2x + 5 = 17Nilai y yang memenuhi persamaan
3y - 4 = 11A. A < B+1 B. A > B-1 C. A < B D. A > B E. A = B -
Soal Cerita
Tujuan kemampuan numerik soal cerita mengukur kemampuan individu untuk melakukan analisis kuantitatif dari informasi yang diberikan;
Contoh Soal Cerita:
Rino adalah seorang petani yang memiliki kebun buah-buahan. Kebunnya berbentuk persegi panjang dengan panjang 20 meter dan lebar 15 meter. Di kebun itu, Rino menanam berbagai macam buah seperti apel, mangga, dan jeruk.
- Pohon Apel:
Rino memiliki 25 pohon apel. Setiap pohon apel rata-rata menghasilkan 50 buah apel dalam satu kali panen. - Pohon Mangga:
Jumlah pohon mangga adalah 2 kali lipat dari pohon apel. Setiap pohon mangga menghasilkan rata-rata 75 buah mangga dalam satu kali panen. - Pohon Jeruk:
Jumlah pohon jeruk 10 pohon lebih sedikit dari pohon mangga. Setiap pohon jeruk menghasilkan rata-rata 100 buah jeruk dalam satu kali panen.
Rino ingin menjual semua buahnya di pasar. Harga jual per buah apel adalah Rp2.000, mangga Rp3.000, dan jeruk Rp1.500.Jika Rino ingin membuat jus jeruk dari semua jeruk yang dihasilkan, dan setiap liter jus membutuhkan 5 buah jeruk, berapa liter jus jeruk yang bisa dibuat?
A. 600 liter B. 700 liter C. 800 liter D. 900 liter E. 1000 liter - Pohon Apel:
3. Kemampuan Figural, yang meliputi:
-
Figural Analogi
Tujuan kemampuan figural analogi mengukur kemampuan individu dalam bernalar melalui perbandingan dua gambar yang memiliki hubungan tertentu kemudian menggunakan konsep hubungan tersebut pada situasi lain;
Contoh Soal Figural Analogi:
Perhatikan gambar berikut dan kemudian tentukan satu gambar yang merupakan tanda tanya ?
A. B. C. D. E. -
Figural Ketidaksamaan
Tujuan kemampuan figural ketidaksamaan mengukur kemampuan individu untuk melihat perbedaan beberapa gambar;
Contoh Soal Figural Ketidaksamaan:
Diantara lima pilihan gambar yang disajikan carilah satu gambar yang tidak memiliki kesamaan pola dengan empat gambar yang lain ?
A. B. C. D. E. -
Figural Serial
Tujuan kemampuan figural serial mengukur kemampuan individu dalam melihat pola hubungan dalam bentuk gambar.;
Contoh Soal Figural Serial:
Carilah dari lima pilihan jawaban yang dapat melengkapi seri gambar berikutnya:
A. B. C. D. E.
Tes TKP ini mirip seperti tes psikologi yang meneliti jenis dan kepribadian calon pelamar dalam berbagai aspek kognitif dan emosi, terdiri dari 45 (empat puluh lima) soal, bobot jawaban paling rendah 1 (satu) dan nilai paling tinggi 5 (lima) serta tidak menjawab bernilai 0 (nol). Adapun kisi-kisinya sebagai berikut:

-
Pelayanan Publik
Tujuan pelayanan publik mampu menampilkan perilaku keramahtamahan dalam bekerja yang efektif agar bisa memenuhi kebutuhan dan kepuasan orang lain sesuai dengan tugas dan wewenang yang dimiliki;
Contoh Soal Pelayanan Publik:
Slamet merupakan petugas di kantor kecamatan bagian pelayanan administrasi. Suatu hari ada seorang ibu paruh baya datang ke kantor untuk komplain karena terdapat kesalahan penulisan alamat pada surat keterangan domisili. Setelah dicek, ternyata itu kesalahan dari rekan Slamet yang kemarin bertugas karena kurang teliti.
Sikap Slamet adalah ...
A. Meminta maaf dan meminta besok datang lagi karena hari ini rekannya tidak masuk B. Memperingatkan ibu tersebut kenapa tidak mengecek terlebih dahulu surat tersebut sebelum meninggalkan kantor kecamatan C. Meminta maaf dan segera memperbaiki kesalahan tersebut D. Meminta ibu tersebut meninggalkan surat tersebut dan besok dihubungi ketika suratnya sudah diperbaiki E. Mengarahkan ibu tersebut untuk langsung bertemu dengan pak camat -
Jejaring Kerja
Tujuan jejaring kerja mampu membangun dan membina hubungan, bekerja sama, berbagi informasi dan berkolaborasi dengan orang lain secara efektif;
Contoh Soal Jejaring Kerja:
Nastiti dan Reni merupakan karyawan di salah satu perusahaan produsen makanan ringan kucing. Suatu hari, mereka masing-masing diminta oleh atasan menyampaikan ide mereka meningkatkan penjualan produk perusahaan. Dari ide tersebut, hanya ada satu ide yang nantinya bisa diimplementasikan oleh perusahaan.
Bagaimana sikap mereka?
A. Salah satu harus mengalah karena yang dipilih nantinya adalah ide yang terbaik B. Membuat presentasi ide dengan detail agar berpeluang besar untuk terpilih C. Melakukan kolaborasi ide sehingga bisa didapatkan satu ide yang memuat ide mereka berdua sehingga bisa saling melengkapi plus minus dari masing-masing ide D. Menunggu keputusan dari atasan dan pasrah apapun hasilnya E. Berargumentasi kepada atasan bahwa idenya merupakan ide yang terbaik untuk dipilih -
Sosial Budaya
Tujuan sosial budaya mampu beradaptasi dan bekerja secara efektif dalam masyarakat majemuk, terdiri atas beragam agama, suku, budaya, dan sebagainya;
Contoh Soal Sosial Budaya:
Sebagai ketua kelas, Anda mendengar bahwa beberapa siswa tidak senang dengan cara guru mengajar, tetapi tidak ada yang berani mengungkapkan pendapat tersebut.
Apa yang sebaiknya Anda lakukan ...
A. Mengumpulkan masukan dari teman-teman kelas dan menyampaikan kekhawatiran mereka kepada guru dengan cara yang konstruktif. B. Mengabaikan masalah ini karena Anda percaya guru sudah melakukan yang terbaik dalam mengajar. C. Menghadapi guru secara langsung dan menyampaikan keluhan tersebut tanpa mempersiapkan apa pun terlebih dahulu. D. Mengajak beberapa teman untuk berbicara langsung dengan guru mengenai kekhawatiran mereka dalam sebuah pertemuan. E. Menciptakan forum diskusi di kelas untuk membahas berbagai metode pengajaran dan mendapatkan umpan balik secara terbuka. -
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Tujuan teknologi informasi dan komunikasi mampu memanfaatkan teknologi informasi secara efektif untuk meningkatkan kinerja;
Contoh Soal Teknologi Informasi dan Komunikasi:
Pihak berwajib saat ini sedang melakukan lelang barang bukti kasus penganiayaan yaitu 1 unit mobil Jeep Wrangler Rubicon warna hitam.
Bagaimana cara yang paling untuk melelang mobil tersebut?
A. Memberikan pengumuman di sosial media dan mengarahkan masyarakat yang tertarik untuk whatsapp ke instansi terkait B. Mengarahkan masyarakat langsung datang ke kantor instansi terkait untuk melihat mobilnya dan menawarnya C. Mengarahkan masyarakat yang tertarik langsung memberikan down payment (dp) ke petugas untuk menunjukkan keseriusannya D. Melelang mobil tersebut di portal lelang resmi milik pemerintah dan mengarahkan masyarakat yang tertarik untuk langsung mengikuti proses lelang di website tersebut E. Menawarkan mobil tersebut kepada kolektor mobil karena mobil tersebut sempat viral -
Profesionalisme
Tujuan profesionalisme mampu melaksanakan tugas dan fungsi sesuai dengan tuntutan Jabatan;
Contoh Soal Profesionalisme:
Nina ingin dikenal oleh rekan-rekannya sebagai seorang pemimpin yang dapat diandalkan dalam tim. Dia berharap agar rekan-rekannya melihatnya sebagai seseorang yang ...
A. Senantiasa mendengarkan pendapat dan masukan dari setiap anggota tim dengan serius. B. Memiliki banyak pengalaman kerja dan selalu berusaha tampil lebih baik dari yang lain. C. Mengambil keputusan dengan cepat dan bertanggung jawab terhadap semua keputusan yang diambil. D. Menjadi mediator dalam konflik dan berusaha menciptakan suasana kerja yang harmonis. E. Memiliki pengetahuan yang luas dan tidak ragu untuk berbagi ilmu dengan orang lain. -
Anti Radikalisme
Tujuan Anti radikalisme menjaring informasi dari individu tentang pengetahuan terhadap anti radikalisme, kecenderungan bersikap, dan bertindak saat menanggapi stimulus dengan beberapa alternatif situasi.
Contoh Soal Anti Radikalisme:
Roni, seorang kepala sekolah, mengeluarkan larangan untuk tidak mengizinkan diskusi mengenai kebebasan berpendapat di sekolah. Tindakan ini menyebabkan banyak siswa merasa tertekan dan tidak dapat mengekspresikan diri. Roni ...
A. Melanggar prinsip kebebasan berpendapat yang merupakan hak asasi manusia yang harus dihormati di lingkungan pendidikan. B. Mengambil keputusan yang mencerminkan sikap otoriter dan bisa berdampak negatif pada perkembangan karakter siswa. C. Memerlukan pemahaman yang lebih dalam tentang pentingnya diskusi terbuka dalam proses pembelajaran yang demokratis. D. Menunjukkan bahwa dia lebih mengutamakan kontrol daripada pendidikan yang mendorong kreativitas dan pemikiran kritis. E. Melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan semangat pendidikan yang menghargai perbedaan pendapat dan kebebasan berbicara.
Hanya ini nomor WA Resmi