Pelamar wajib mengetahui ketentuan-ketentuan terkait jurusan, pendidikan dan sekolah kedinasan yang dilamar. Setiap jurusan dan sekolah kedinasan memiliki persyaratan yang berbeda.
Sebelum melakukan pendaftaran, pastikan pelamar telah mempersiapkan dokumen- dokumen yang diperlukan. Dokumen tersebut terdiri dari :
Apabila pelamar sudah siap untuk mendaftar, langkah-langkahnya adalah
1. Klik Registrasi atau Daftar akan tampil seperti berikut :
2. Masukan Nomor Induk Kependudukan (NIK)
3. Masukan Nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga yang tercantum pada Kartu Keluarga
4. Nama lengkap sesuai KTP
5. Tanggal lahir sesuai KTP
6. Kabupaten/Kota sesuai KTP
7. Masukan kode captcha yang terlampir
8. Setelah data di atas dimasukan, klik Lanjutkan. Bila data sesuai maka akan tampil form Pendaftaran Akun SSCASN Sekolah Kedinasan seperti gambar di bawah ini.
9. Lengkapi data-data yang terdapat pada form di atas dengan benar. Data yang perlu diisi terdiri dari data :
10. Upload pas foto dengan latar belakang merah dalam format JPGminimal 120 kb maksimal 200 kb
11. Pastikan Anda mengisi semua data dengan benar dan lengkap
12. Selanjutnya klik Lanjutkan
13. Halaman Pendaftaran Akun SSCASN, cek kembali Data cek kembali data Anda jika ada yang perlu diperbaiki klik Kembali dan jika sudah benar klik Proses Pendaftaran Akun
Halaman pemberitahuan bahwa pembuatan akun SSCASN Sekolah Kedinasan 2025
berhasil, klik Cetak Informasi Pendaftaran untuk mencetak Kartu Infromasi Akun sebagai bukti bahwa pelamar berhasil membuat akun. Simpan kartu tersebut dengan baik.
Klik Lanjutkan Login Pendaftaran untuk ke form berikutnya.
Login ke Portal SSCASN Sekolah Kedinasan dan Isi Biodata
1. Upload Swafoto
Upload foto selfie dengan memegang KTP dan Kartu Informasi Akun untuk dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya seperti contoh gambar di bawah ini:
Klik tombol Choose File cari dokumen swafoto berwarna dengan ketentuan format JPEG ukuran minimal 100 kb dan maksimal 200kb.
a. Pengisian Biodata
Pada form ini, pelamar harus melengkapi kolom-kolom yang tersedia dengan benar. Pelamar juga dapat memperbaiki Nama Sesuai Ijazah, Tempat Lahir sesuai Ijazah, Tanggal Tanggal Lahir sesuai Ijazah, E-mail pada form ini.
Data Diri Pelamar:
Alamat Domisili, Provinsi, Kab/Kota Domisili, Akun Media Sosial, Catatan Prestasi, Jumlah Saudara Kandung (termasuk pelamar), Suku Bangsa, Tinggi Badan dalam centimeter, Berat Badan dalam kilogram, Golongan Darah, Status Perkawinan, Agama, Nomor Telepon, Nomor Ponsel, Nomor Kontak Orang Tua/Wali.
Data Diri Orang Tua:
NIK Ayah, Nama Ayah, Tempat Lahir Ayah, Tanggal Lahir Ayah, Pekerjaan Ayah, Gaji Ayah, Alamat Domisili Ayah, Status Hidup Ayah, NIK Ibu, Nama Ibu, Tempat Lahir Ibu, Tanggal Lahir Ibu, Pekerjaan Ibu, Gaji Ibu, Alamat Domisili Ibu, Status Hidup Ibu.
Jika telah melengkapi kolom-kolom yang tersedia. Klik Selanjutnya untuk ke halaman selanjutnya.
b. Mendaftar Formasi
Bila ada data yang kurang lengkap, sistemakan mengeluarkan notifikasi seperti gambar di bawah ini:
c. Pengisian Nilai
Pelamar memasukkan nilai rata-rata raport terakhir. Untuk mengisi menu ini, harap diperhatikan dan dibaca baik-baik Petunjuk Pengisian Nilai, karena setiap Sekolah Kedinasan memiliki aturan yang berbeda-beda.
2. Unggah Dokumen
Pelamar mengunggah dokumen yang diperlukan sesuai dengan persyaratan. Jenis dokumen dan ukuran file yang diunggah tercantum pada setiap jenis dokumen yang diperlukan.
Untuk mengunggah dokumen, klik tombol Unggah, cari dokumen yang diupload sesuai dengan jenis dokumen. Pelamar dapat mengecek dokumen yang telah diunggah dengan klik tombol Lihat. Bila dokumen
yang diunggah belum sesuai, klik tombol Unggah untuk mengganti dokumen tersebut. Kolom status akan menampilkan status. Dokumen telah diunggah atau belum. Klik Selanjutnya untuk ke halaman selanjutnya.
3. Resume
Setelah pelamar melengkapi semua tahapan di atas, periksa kembali resume pendaftaran yang tampil. Pastikan bahwa data telah sesuai dan benar dengan mencentang setiap isian yang telah dilengkapi oleh Pelamar.
Centang pernyataan yang tampil pada kotak merah muda, kemudian klik Akhiri Proses Pendafatran. Setelah tombol tersebut diklik, pelamar tidak dapat merubah data yang telah dikirim ke sistem dengan alasan apapun.
Selanjutnya klik tombol Iya, dan tombol CETAK KARTU INFORMASI AKUN dan CETAK KARTU PENDAFTARAN DIKDIN akan tampil. Bila pelamar klik tombol CETAK KARTU PENDAFTARAN DIKDIN akan tampil Kartu Pendaftaran seperti gambar di bawah ini.
Kartu Pendaftaran SSCASN Sekolah Kedinasan telah menggunakan tanda tangan digital dan disertifikasi oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).
Kisi-Kisi SKD Sekolah Kedinasan, Contoh Soal, dan Nilai Ambang Batas |
Pengumuman Hasil Administrasi Sekolah Kedinasan 2025, Berikut Caranya |
Pembayaran Kode Billing PNBP Sekolah Kedinasan 2025: Bisa Lewat ATM, M-Banking, dan Minimarket |
H-1 Penutupan! PKN STAN Terfavorit Sekolah Kedinasan 2025 |
1.171 Pendaftar Sekolah Kedinasan Gugur! Paling Banyak dari Kemenhub dan STIN |
Masih Kuliah dan Umur Masih Cukup? Kamu Masih Bisa Daftar Sekolah Kedinasan 2025! |
Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2025 Resmi Dimulai Hari ! Lulusan SMA/SMK/MA, Ini Kesempatanmu Jadi ASN |
Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2025 Resmi Dibuka 29 Juni |
Testimoni Member Merdekabelajar.id |